ETS - RK - A
1. Jelaskan macam-macam kebutuhan yang harus digali di dalam membuat perangkat lunak
Terdapat 4 macam kebutuhan yang harus digali saat membuat perangkat lunak, yaitu Business Requirements, User Requirements, Functional Requirements, dan Non-functional Requirements
- Business Requirements, Business requirements adalah satu set informasi yang menggambarkan kebutuhan bisnis yang mengarah ke satu atau lebih project untuk men-deliver solusi dan hasil bisnis yang diinginkan. Business requirements mencakup peluang bisnis, tujuan bisnis, metrik keberhasilan, pernyataan visi, ruang lingkup dan batasan.
- User Requirements, Kebutuhan pengguna (user requirements) merupakan pernyataan mengenai layanan yang akan disediakan oleh sistem serta mengenai batasan-batasan operasonalnya dari pandangan pengguna (user).
- Functional Requirements, Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan layanan yang harus dimiliki oleh perangkat lunak dalam rangka menjalankan proses bisnis nya. Selain itu, kebutuhan fungsional juga harus meliputi informasi-informasi akan dihasilkan oleh sistem.
- Non-Functional Requirements, Kebutuhan non fungsional adalah kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh perangkat lunak dalam menjalankan operasi secara optimal.
Pendahuluan
Aplikasi GoToko adalah aplikasi yang
menyediakan layanan lengkap yang memudahkan pemilik warung dan toko kelontong
(UMKM) untuk membeli barang-barang stok secara online.
Cakupan Proyek
1. Pihak supplier
mendaftarkan dan menyediakan barang-barang yang akan dijual ke user (pengusaha
UMKM).
2. Pihak user
mendaftarkan akun sebagai pembeli barang.
3. Integrasi pembayaran
menggunakan e-wallet, bank, maupun debit/credit cards.
4. Integrasi peta
menggunakan Google Maps.
5. Algoritma optimasi
untuk iklan (pemasaran).
Kebutuhan Fungsional
1. User dapat
melakukan pendaftaran / register akun miliknya
2. User dapat
melakukan proses login dan logout
3. User dapat melihat
list - list barang yang disediakan oleh supplier
4. User dapat melihat
informasi dari barang seperti deskripsi, stok, dll
5. User dapat
melakukan pemesanan barang
6. User dapat
melakukan pembatalan pemesanan barang
Kebutuhan Non
Fungsional
1. Security : Sistem
menjamin keamanan data pribadi milik supplier maupun toko
2. Logging : Sistem
mencatat request yang dilakukan oleh user ke dalam suatu file
3. Storage : Sistem
menyimpan resource web ke dalam penyimpanan server
4. Performance :
Sistem dapat melayani kebutuhan user dengan kemampuan yang optimal
5. Interoperability :
Sistem dapat diakses oleh berbagai macam device seperti Android dan iOS
6. Disaster Recovery :
Sistem dapat digunakan jika terjadi kegagalan seperti dengan cara menyiapkan
lebih dari 1 buah server
Laporan Keuangan:
Uraian |
Satuan |
Waktu (hari) |
Harga (Rp) |
Total (Rp) |
BIAYA LANGSUNG |
||||
Project
Manager |
1 |
14 |
700.000 |
9.800.000 |
Senior
System Analyst |
1 |
4 |
400.000 |
1.600.000 |
Junior
System Analyst |
1 |
4 |
200.000 |
800.000 |
Web
Designer |
1 |
2 |
250.000 |
500.000 |
Senior
IT Programmer |
1 |
5 |
600.000 |
3.000.000 |
Junior
IT Programmer |
1 |
5 |
200.000 |
1.000.000 |
Quality
Assurance |
1 |
1 |
250.000 |
250.000 |
Administrasi |
1 |
3 |
150.000 |
450.000 |
Total Biaya |
17.400.000 |
Timeline Proyek:
No |
Deskripsi Tugas / Pekerjaan (Task) |
November |
Desember |
|||||||||||||
24 |
25 |
26 |
27 |
28 |
29 |
30 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||
1.1 |
Identifikasi
masalah dan kebutuhan |
|||||||||||||||
1.2 |
Menyusun
metodologi dan perencanaan proyek |
|||||||||||||||
2.1 |
Membuat
dokumen SKPL |
|||||||||||||||
2.2 |
Membuat
dokumen DPPL |
|||||||||||||||
3.1 |
Membuat
desain antarmuka website |
|||||||||||||||
3.2 |
Menyusun dan menyerahkan laporan perkembangan
desain website |
|||||||||||||||
4.1 |
Membuat desain dan realisasi basis data |
|||||||||||||||
4.2 |
Melakukan pengkodean dan develop sistem
yang sudah direncanakan |
|||||||||||||||
4.3 |
Mendeploy sistem ke hosting dan setup domain
serta library |
|||||||||||||||
4.4 |
Menyusun laporan perkembangan implementasi sistem |
|||||||||||||||
5.1 |
Melakukan testing terhadap sistem yang sudah
dibuat |
|||||||||||||||
6.1 |
Menyusun laporan final |
Komentar
Posting Komentar